Webinar Nasional Peran ATLM Dalam Penegakan Diagnosis dan Penerapan SOP Pemeriksaan HIV-AIDS di Laboratorium Himpunan Mahasiswa Program Studi Sarjana Terapan Teknologi Laboratorium Medis 2023



23 May 2023




Webinar Nasional merupakan program kerja tahunan yang dilaksanakan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi Sarjana Terapan Teknologi Laboratorium Medis Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. Program kerja ini dilaksanakan hari Sabtu Legi, 20 Mei 2023 pukul 08.00-14.00 WIB  bertempat di Ruang Kuliah 5 Jurusan Teknologi Laboratorium Medis Poltekkes Kemenkes Yogyakarta, Jalan Ngadinegaran MJ III/62, Mantrijeron Yogyakarta 55141. Kegiatan dilakukan secara Daring melalui Zoom Meeting Room. Webinar Nasional HMPS ST TLM tahun ini mengusung tema “Peran ATLM Dalam Penegakan Diagnosis dan Penerapan SOP Pemeriksaan HIV-AIDS di Laboratorium”. Dengan dilaksanakannya webinar ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan peserta webinar tentang pemeriksaan dan penanganan sampel dalam diagnosa dan penerapan SOP HIV-AIDS.

Susunan acara pada kegiatan Webinar Nasional ini diawali dengan pembukaan oleh MC dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars Poltekkes Kemenkes Yogyakarta dan Mars WBK, kemudian laporan ketua panitia dan beberapa sambutan-sambutan. Kegiatan ini juga dihadiri Ketua Jurusan Teknologi Laboratorium Medis Polkesyo yaitu Ibu Muji Rahayu, S.Si, APT, M.Sc. Materi pertama “Early Diagnosis dan Optimalisasi Screening HIV-AIDS” disampaikan oleh Ibu Dr. dr. Umi Solekhah Intansari, M.Kes., Sp.PK(K) Senior Clinical Pathologist, RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta. Materi kedua dengan tema “Peran dan Kode Etik ATLM dalam Pemeriksaan HIV-AIDS” disampaikan oleh Ibu Mukti Purwaningrum, S.ST DPW Patelki Yogyakarta. Materi ketiga “Kajian Virologi dan Epidemologi HIV-AIDS “ disampaikan oleh Bapak Bambang Supriyanta, S.SI., M.SC Dosen Jurusan Teknologi Laboratorium Medis Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. Materi keempat “Penerapan K3 pada Penanganan Spesimen HIV-AIDS” disampaikan oleh Ibu Ullya Rahmawati, SSR., M.KL Penanggung Jawab dan Penjamin Mutu Jurusan Teknologi Laboratorium Medis Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. Pemaparan materi oleh para narasumber dipandu oleh moderator yaitu Dyah Asti Fajarini Mahasiswa Sarjana Terapan Teknologi Laboratorium Medis. Diakhir pemaparan materi diadakan sesi tanya jawab untuk para peserta. Pada acara Webinar Nasional ini ditutup dengan post test yang bertujuan untuk mengukur sejauh mana peserta memahami materi yang telah disampaikan oleh narasumber pada webinar nasional yang sudah di laksanakan dan pembagian doorprize bagi para peserta yang beruntung.

Kontributor : Jurusan Teknik Laboratorium Medis PolKesYo