Polkesyo Mendukung Penyediaan Nakes di Provinsi Papua Selatan



24 May 2023




       Selasa Wage, 23 Mei 2023, bertempat di ruang pertemuan Garuda II, Direktur Polkesyo; DR. Iswanto, S.Pd, M.Kes menerima kunjungan Pemerintah Daerah Provinsi Papua Selatan yang dipimpin oleh Plt. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Papua Selatan; Drs. Aloysius Jopeng, M.Pd. Maksud dari kunjungan ini untuk menjalin kerja sama dalam peningkatan sumber daya manusia khususnya kesehatan di Provinsi Papua Selatan. Papua Selatan merupakan satu di antara provinsi di Indonesia yang telah dimekarkan dari Provinsi Papua, beribu kota di Kabupaten Merauke. Papua Selatan dimekarkan dari Provinsi Papua bersama dua provinsi lainnya yakni provinsi Papua Pegunungan dan Papua Tengah berdasarkan Undang-undang Nomor 14 Tahun 2022, yang ditandatangani oleh presiden Joko Widodo, pada tanggal 25 Juli 2022. Sebagai provinsi baru, Papua Selatan berkomitmen untuk memajukan daerahnya di semua aspek pembangunan, tidak terkecuali pembangunan dalam bidang kesehatan. Salah satu aspek di bidang kesehatan yang perlu dibenahi di provinsi Papua Selatan adalah terpenuhinya jumlah, jenis dan mutu nakes yang bertugas di provinsi Papua Selatan, demikian dijelaskan oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. Sekaitan dengan hal tersebut, melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, provinsi Papua Selatan menginginkan untuk menjalin kerja sama dengan Polkesyo dalam mendidik putra-putri asli daerah untuk menjadi nakes di bidang perawat anestesi. 

       Polkesyo adalah Kampus Nusantara, tempat anak bangsa dari berbagai daerah di Indonesia belajar menuntut ilmu di bidang kesehatan. Polkesyo selalu berkomitmen untuk turut serta mendidik dan memajukan putra-putri dari berbagai daerah di Indonesia, sehingga tawaran kerja sama dari provinsi Papua Selatan tersebut disambut dengan tangan terbuka. Dalam pertemuan ini, Direktur Polkesyo dengan didampingi oleh Wakil Direktur 1, Wakil Direktur 2, Ketua Jurusan Keperawatan dan Ketua Prodi Sarjana Terapan Keperawatan Anestesiologi (STKA), menjelaskan keunggulan Polkesyo dalam mendidik calon nakes yang kompeten dan professional, pengalaman Polkesyo mendidik putra-putri Papua, skema kerja sama dan mekanisme penerimaan mahasiswa baru. Pertemuan dilanjutkan dengan diskusi kedua belah pihak untuk merumuskan ruang lingkup kerja sama. Di sesi akhir pertemuan ditutup dengan penanda tanganan MoU oleh Direktur Polkesyo dan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Papua Selatan, menandai disetujuinya kesepakatan kedua belah pihak. 

Semoga program kerja sama ini dapat bermanfaat untuk kedua belah pihak, terutama dalam memenuhi ketercukupan tenaga kesehatan khususnya perawat anestesi di Provinsi Papua Selatan.

 

(AK).